Tips Dan Trik Listening Un Bahasa Inggris Sma 2012 (3) - Banned Masal
News Update
Loading...

Saturday, June 8, 2019

Tips Dan Trik Listening Un Bahasa Inggris Sma 2012 (3)

Strategi Mengerjakan Soal Listening UN Bahasa Inggris

PICTURES OR PHOTOGRAPH

Bagian ketiga dari soal listening Ujian Nasional Bahasa Inggris Sekolah Menengan Atas yakni berisi lima gambar yang melukiskan fakta sehari-hari. Jenis gambar bisa berupa kegiatan yang biasa dilakukan atau berupa objek benda. Lalu adik-adik akan diperdengarkan soal listening berupa percakapan singkat yang menggambarkan isi gambar tersebut. Tugas adik-adik yakni memilih gambar mana yang sempurna menyerupai yang diceritakan dalam percakapan singkat tersebut.

Kemampuan yang diujikan yakni bagaimana adik-adik bisa menginterpretasikan percakapan dan gambar dengan sempurna serta bisa membedakan kata-kata yang mempunyai suara hampir sama atau kata-kata yang merupakan pengecoh pada soal. Karena biasanya semua kata yang menggambarkan pilihan gambar disebutkan juga dalam percakapan.

Tips dan trik untuk mengerjakan soal bab gambar (picture or photograph) antara lain:

  1. Tandai tanggapan pada soal dengan cepat sehingga adik-adik punya banyak waktu untuk melihat gambar selanjutnya tanpa harus menunggu narator membacakan soal berikutnya.

  2. Pada ketika melihat gambar, selalu buat pertanyaan sendiri ihwal gambar. Benda apa? Siapa dia? Dimana itu biasanya kita lihat? Terbuat dari apa? dan lain-lain semoga nantinya adik-adik gampang menebak apa isi percakapan ihwal gambar tersebut

  3. Saat melihat gambar ihwal kegiatan seseorang, maka buatlah pertanyaan sendiri mengenai gambar tersebut. Sedang apakah dia? Dimana acara tersebut biasa dilakukan? Bersama siapa? dan lain-lain.

  4. Letakkan ujung pensil pada tanggapan gambar yang adik-adik anggap benar. Bila ternyata adik-adik berpindah tanggapan maka letakkan lagi ujung pensil pada tanggapan tersebut. Nah ketika adik-adik yakin bahwa tanggapan gambar tersebut benar beri sedikit ukiran untuk memberi tanda bahwa tanggapan tersebut yakni tanggapan yang benar.

  5. Jika adik-adik benar-benar tidak tahu tanggapan mana yang benar, maka jangan dibiarkan kosong. Tebak saja dengan spekulasi tanggapan mana yang kira-kira benar, alasannya yakni siapa tahu keberuntungan menyertai adik-adik... hehe


TIPS: Dalam mengisi LJK pada soal listening ini, adik-adik jangan mengisikan eksklusif di LJK. Cukup tandai saja pada pilihan tanggapan A, B, C, D, atau E pada lembar soal saja. Sehingga adik-adik punya cukup waktu untuk membaca perintah atau pilihan tanggapan pada soal selanjutnya.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close