Tips Dan Trik Listening Un Bahasa Inggris Sma 2012 (4) - Banned Masal
News Update
Loading...

Friday, June 7, 2019

Tips Dan Trik Listening Un Bahasa Inggris Sma 2012 (4)

Strategi Mengerjakan Soal Listening UN Bahasa Inggris

SHORT TALK OR MONOLOGUE

Nah, pada bab short talk atau monologue ini akan disajikan beberapa short talk atau monolog (pembicaraan pendek). Setiap adik-adik selesai diperdengarkan monologue atau pembicaraan pendek ini, maka narator akan menunjukkan lebih dari dua pertanyaan mengenai short talk atau monologue tersebut.

Pembicaraan pendek tersebut dapat majemuk isinya. Bisa saja dibacakan mengenai salah satu informasi penting terkini, iklan atau advertisement. Makara pada dasarnya kita disuguhkan beberapa kalimat yang tersusun dalam paragraf, dan dibacakan oleh narator. Yang kita lakukan hanyalah menarik kesimpulan dari apa yang telah kita dengarkan, dan menjawab dengan sempurna pertanyaan-pertanyaan yang diajukan narator kepada adik-adik.

Tips dan trik untuk mengerjakan soal pada bab obrolan adalah:

  1. Saat narator membacakan "Direction", maka adik-adik harus segera membaca pertanyaan berserta pilihan balasan yang ada pada soal. Sehingga adik-adik sudah mempunyai modal pemahaman terhadap soal apa saja yang diperkirakan nanti akan ditanyakan pada soal.

  2. Monolog selalu dibacakan dua kali. Nah, setidaknya adik-adik sudah dapat yakin menemukan balasan ketika monolog dibacakan untuk yang pertama kali. Jadi, ketika obrolan dibacakan ulang, adik-adik dapat membaca pertanyaan atau balasan pada soal selanjutnya... Jika belum yakin terhadap jawaban, maka adik-adik dapat memanfaatkan kesempatan untuk mengoreksi balasan ketika dibacakan ulang obrolan tersebut.

  3. Saat membaca pilihan jawaban, adik-adik harus dapat memilih kira-kira kata tanya apa yang akan dipakai narator? Apakah what, who, when, where, why, atau how, how long, how much, how many, dll... Dengan mengetahui kata tanya tersebut adik-adik dapat fokus dalam mendengarkan kalimat yang dibacakan pada obrolan yang mengandung unsur kata tanya tersebut dalam memilih jawabannya nanti

  4. Adik-adik harus mencoba mengetahui dimana pembicaraan tersebut dilakukan, siapa mereka, apa hubungan mereka, atau apa yang mereka kerjakan. Ini supaya mempermudah dalam menciptakan analisa balasan yang tepat.

  5. Terakhir. Jangan membiarkan balasan kosong, isi saja sebisanya siapa tahu balasan adik-adik benar, hehe...


TIPS: Dalam mengisi LJK pada soal listening ini, adik-adik jangan mengisikan pribadi di LJK. Cukup tandai saja pada pilihan balasan A, B, C, D, atau E pada lembar soal saja. Sehingga adik-adik punya cukup waktu untuk membaca perintah atau pilihan balasan pada soal selanjutnya.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close