Pengertian Wimax, Prinsip Kerja Wimax, Dan Perbedaan Wimax Dengan Wifi - Banned Masal
News Update
Loading...

Sunday, June 9, 2019

Pengertian Wimax, Prinsip Kerja Wimax, Dan Perbedaan Wimax Dengan Wifi

Pengertian WiMAX

Pengertian WiMAX. WiMAX merupakan kependekan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access. WiMAX ialah sebuah teknologi terusan nirkabel pita lebar yang mempunyai kecepatan terusan tinggi dengan mempunyai jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi sebelumnya yaitu BWA atau broadband wireless access dengan ditambahkan fitur-fitur yang menarik. Disamping kecepatan data tinggi yang dimiliki WiMAX, WiMAX juga merupakan sebuah teknologi dengan open standar. Dengan kecepatan data yang besar, WiMAX sanggup diaplikasikan sebagai koneksi broadband ‘last mile’ ataupun backhaul.

 WiMAX merupakan kependekan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access Pengertian WiMAX, Prinsip Kerja WiMAX, dan Perbedaan WiMAX dengan WiFi

Prinsip Kerja WiMAX

 WiMAX merupakan kependekan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access Pengertian WiMAX, Prinsip Kerja WiMAX, dan Perbedaan WiMAX dengan WiFi

Prinsip kerja WiMAX. Sistem kerja WiMAX sama dengan WiFi yang menyediakan sebuah jaringan internet pada suatu area yang dijangkaunya. Namun, WiMAX mempunyai wilayah dengan jangkauan yang jauh lebih luas dan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan WiFi.

Jaringan WiFi disebut juga sebagai Local Area Network (LAN), jaringan komputer yang jaringannya meliputi wilayah berukuran kecil, ibarat jaringan komputer pada gedung, rumah, kantor, kampus, sekolah, atau area yang lainnya.

Jaringan WiMAX disebut juga sebagai Metropolitan Area Network (MAN), jangkauan tersebut sanggup meliputi area yang cukup luas.

Perbedaan WiMAX dengan WiFi

 WiMAX merupakan kependekan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access Pengertian WiMAX, Prinsip Kerja WiMAX, dan Perbedaan WiMAX dengan WiFi

Perbedaan WiMAX dengan WiFi. Jaringan WiMAX terbilang cukup mahal untuk pembanguanan infastruktur serta perawatannya serta membutuhkan antena outdoor atau menara dan BTS dengan suatu peralatan pendukung. Kecepatan WiMAX biasanya terpusat mempunyai kecepatan sekitar 5 mbps, walaupun terkadang sanggup lebih dari itu. Pengguna WiMAX sanggup juga untuk membuatkan antena WiMAX dengan hal untuk menutupi sebagian besar wilayah sebuah kota atau ibarat dengan jaringan data seluler. Pelanggan membutuhkan sebuah modem WiMAX khusus untuk sanggup mengakses memakai jaringan WiMAX tersebut.

WiFi mempunyai biaya yang relatif murah, kecil, dan router portabel. WiFi tidak perlu membangun sebuah infrastruktur pendukung, tapi jaringan WiFi hanya meliputi jarak dekat. WiFi adapter bahkan mempunyai harga yang lebih murah dibandingkan dengan router WiFi, dan kebanyakan komputer atau laptop sudah memilik adapter wireless untuk mengakses memakai jaringan WiFi.

Itulah pengertian WiMAX, prinsip kerja WiMAX, dan perbedaan WiMAX dengan WiFi. Baca juga artikel mengenai apa itu 4G dan 4G LTE.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close