Pengertian Sistem Ekonomi Dan Fungsi Sistem Ekonomi - Banned Masal
News Update
Loading...

Wednesday, June 5, 2019

Pengertian Sistem Ekonomi Dan Fungsi Sistem Ekonomi

Sistem ekonomi merupakan perpaduan dari hukum Pengertian Sistem Ekonomi dan Fungsi Sistem Ekonomi
Pengertian Sistem Ekonomi

Sistem ekonomi merupakan perpaduan dari aturan–aturan atau cara–cara yang menjadi satu kesatuan dan dipakai untuk mencapai tujuan dalam perekonomian. Sebagai suatu system, maka setiap sistem perekonomian harus sanggup menjawab problem ekonomi yaitu what (barang apa yang harus diproduksi), how (bagaimana cara memproduksi), dan whom (untuk siapa barang tersebut diproduksi). 
 
Macam-macam Sistem Ekonomi 

Sistem ekonomi sanggup berfungsi sebagai :
  1. Sarana pendorong untuk melaksanakan produksi
  2. Cara atau metode untuk mengorganisasi acara individu
  3. Menciptakan prosedur tertentu supaya distribusi barang dan jasa terealisasi dengan baik.
Secara garis besar, kita mengenal empat system ekonomi yang tumbuh dan berkambang yang sesuai dengan situasi kondisi serta ideologi Negara yang bersangkutan. Keempat sistem ekonomi tersebut ialah sistem ekonomi tradisional, system ekonomi terpusat atau sistem ekonomi komando, sistem ekonomi pasar, dan sistem ekonomi campuran.

Sistem Ekonomi Tradisional

Sistem ekonomi tradisional merupakan suatu tata cara pengaturan kehidupan perekonomian yang didasarkan pada kebiasaan scra turun temurun, dimana semua acara produksinya terbatas hanya untuk keluarga dan kelompoknya saja. 

Sistem Ekonomi Terpusat (Komando)


Sistem ekonomi terpusat merupakan suatu tata cara pengaturan kehidupan perekonomian yang diatur dan ditentukan oleh pemerintah pusat (sentralistik).

Sistem Ekonomi Pasar

Sistem ekonomi pasar ialah suatu sistem ekonomi dimana seluruh acara ekonomi mulai dari produksi, distribusi dan konsumsi diserahkan sepenuhnya kepada prosedur pasar.

Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi adonan merupakan dari sistem ekonomi pasar dan terpusat, dimana pemerintah dan swasta saling berinteraksi dalam memecahkan problem ekonomi. Sistem ekonomi adonan pada umumnya ditetapkan pada negara-negara berkembang. 

Dalam sistem ini sektor swasta dan pemerintah sama-sama diakui. Sistem ekonomi adonan ini dasarnya merupakan perpaduan antara sistem ekonomi terpusat dengan sistem ekonomi pasar.

Manajemen Keuangan: Kriteria Penilaian Investasi

Fungsi Sistem Ekonomi

 
Fungsi sistem ekonomi secara umum adalah:
  • Sebagai penyedia dorongan untuk berproduksi.
  • Berfungsi dalam mengoordinasi acara individu dalam suatu perekonomian.
  • Sebagai pengatur dalam pembagian hasil produksi di seluruh anggota masyarakat supaya sanggup terealisasi ibarat yang dibutuhkan
  • Menciptakan prosedur tertentu supaya distribusi barang dan jasa berjalan dengan baik.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close