Cara Berolahraga Di Bulan Pahala Ramadhan - Banned Masal
News Update
Loading...

Tuesday, June 11, 2019

Cara Berolahraga Di Bulan Pahala Ramadhan

Cara Berolahraga ketika Berpuasa di Bulan Ramadhan_Selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, hendaknya Anda tidak melewatkan olahraga. Selain membantu menjaga kesehatan badan Anda, olahraga di bulan berkat juga merupakan jalan keluar bagi Anda yang menginginkan postur badan lebih langsing, alasannya ialah badan akan memperabukan lebih banyak lemak ketika kondisi perut tengah kosong. Meskipun menahan lapar seharian, dengan berolahraga badan Anda tidak akan terasa loyo. Malah sebaliknya, olahraga akan membantu badan Anda untuk tetap bugar, alasannya ialah pada ketika berpuasa, ditambah dengan olahraga akan terjadi proses dektoksifikasi, yaitu proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Namun demikian, berolahraga di bulan berkat ini mempunyai cara tersendiri kalau dibandingkan bulan-bulan lainnya, dan ini termasuk hal yang hendaknya Anda perhatikan demi badan Anda sendiri.
Cara Berolahraga ketika Berpuasa di Bulan Ramadhan Cara Berolahraga di Bulan Puasa Ramadhan
Tips Terbaik Berolahraga di Bulan Puasa Ramadhan

1. Perhatikan Waktu untuk Olahraga
Daya tahan badan Anda dan kemampuan badan Anda ketika berpuasa tidak sama dengan ketika Anda tidak berpuasa. Anda bisa menentukan waktu entah itu di pagi hari,  sore hari ataupun malam hari. Namun, hindari untuk melaksanakan olahraga ketika menjelang tidur, supaya badan Anda mempunyai kesempatan untuk beristirahat.

Jika Anda menentukan olahraga di waktu pagi, Anda tidak diperkenankan untuk melaksanakan olahraga yang sifat dan intensitasnya berat. Ini dimaksudkan biar Anda tidak terlalu mengalami kelelahan dan kekurangan cairan tubuh sehingga menurunkan konsentrasi Anda di siang hari.

Jika Anda menentukan waktu di sore hari, lakukanlah kira-kira 30 menit sebelum berbuka dengan alasan bahwa, kalau Anda mengalami kekurangan cairan tubuh alasannya ialah olahraga yang Anda lakukan tersebut, cairan yang telah hilang dari badan Anda akan segera digantikan oleh hidangan buka puasa Anda.

Tetapi kalau Anda menentukan waktu di malam hari, lakukanlah olahraga 2 jam sehabis Anda berbuka, atau kira-kira sehabis sholat tarawih. Namun, waktu yang paling baik untuk olahraga ketika berpuasa ialah ketika sore hari menjelang berbuka atau pagi hari sehabis sahur, sekalian menghirup udara segar.

2. Pilih Olahraga yang Tepat
Setidaknya ada tiga hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam melaksanakan olahraga di bulan puasa, yakni beban, volume dan durasi. Karena kondisi badan Anda ketika berpuasa akan berbeda dengan ketika Anda tidak berpuasa, sebaiknya Anda melaksanakan olahraga dengan mengurangi tiga hal tersebut.

Tujuan mengurangi beban, volume dan durasi olahraga ialah supaya badan Anda tetap berada dalam kondisi kondusif untuk melaksanakan olahraga selama bulan puasa, apapun jenis olahraganya. Tetapi meskipun Anda bisa melaksanakan olahraga jenis apa saja, yang sangat direkomendasikan ialah olahraga Low Impact Exercise.

Satu hal lagi yang penting ialah jangan terlalu memaksakan diri ketika berolahraga, alasannya ialah itu akan berdampak jelek pada badan Anda sendiri. Sesuaikanlah dengan kondisi badan Anda. Jika memang Anda sedang tidak fit, jangan berolahraga atau kalau Anda ingin berolahraga, lakukanlah olahraga yang sifatnya ringan saja.

3. Perhatikan Asupan Nutrisi
Anda juga perlu memperhatikan yang satu ini. Anda wajib menjaga serta mengatur asupan nutrisi baik ketika sahur maupun ketika berbuka. Tujuannya ialah supaya metabolisme badan Anda tetap terjaga dan juga tetap memungkinkan Anda untuk melaksanakan olahraga selama berpuasa.

Namun begitu, Anda jangan hingga berlebihan dalam hal asupan makanan. Karena bagaimanapun, perut Anda yang awalnya kosong akan menjadi kaget bila Anda terlalu berlebihan dan memaksakan asupan makanan.

Demikian di atas ialah beberapa cara berolahraga ketika berpuasa di bulan Ramadhan, semoga sanggup menjadi masukan bagi Anda untuk melaksanakan olahraga selama berpuasa.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close