5 Efek Negatif Menahan Potongan Terlalu Lama - Banned Masal
News Update
Loading...

Wednesday, June 12, 2019

5 Efek Negatif Menahan Potongan Terlalu Lama

Dampak Negatif Menahan Buang Air Besar (BAB)_Mungkin tak jarang bagi kita untuk menahan BAB di waktu-waktu tertentu alasannya yakni merasa mulas pada perut tiba secara tidak tepat. Misalkan dikala sedang di dalam kelas, atau rapat, dan sebagainya. Rasanya sedikit enggan untuk sekedar izin ke toilet alasannya yakni merasa gak yummy atau sungkan dengan rekan yang lain. Lantas, adakah dampak jelek yang akan terjadi pada kesehatan kita, jikalau sering menahan BAB? Jawabannya yakni : tentu ada. Banyak sekali dilema yang timbul akhir dari menahan BAB ini, yang mana beberapa diantaranya menyerupai di bawah ini.

Dampak Negatif/Efek Samping Menahan BAB:
1. Sembelit
Sembelit merupakan keluhan pertama yang terjadi pada banyak orang dikala terlalu usang menahan BAB. Sebelum mengalami sembelit, biasanya di jam-jam pertama akan terasa kram pada perut. Saat sembelit tinja mengalami pengerasan, sehingga menjadi sangat sulit untuk di keluarkan. Hal ini bersamaan dengan rasa sakit yang luar biasa. Bisa dibilang sejala sembelit ini yakni awal mula sebelum munculnya keluhan-keluhan lanjutan menyerupai kembung, diare, dan sebagainya.

2. Kembung 
Kembung yakni keadaan dimana gas menumpuk di dalam perut dan sulit sekali untuk di keluarkan. Atau sanggup kita sebut, susah mengeluarkan kentut. Sebab, BAB yang Anda tahan selama berjam-jam, maka otomatis feces (kotoran) yang seharusnya keluar malah menyumbat kanal keluar di anus.
Pada awalnya kembung memang tidak terlalu terasa dikala sedang menahan BAB, akan tetapi 6 hingga 12 jam dikala tidur Anda biasanya akan mengalami rasa sakit yang amat sangat pada perut, akhir gas yang menumpuk dan tidak sanggup keluar.
Mungkin tak jarang bagi kita untuk menahan BAB di waktu 5 Dampak Negatif Menahan BAB Terlalu Lama
3. Diare 
Hal ini mungkin sulit dicerna oleh orang awam. Karena kalau dipikir apa hubungannya menahan BAB (yang mana kotoran tidak sanggup keluar) dengan diare (saat kotoran keluar cair dan berlebihan berkali-kali).

Anggap saja ini pelampiasan. Jika Anda terlalu usang menahan BAB, awalnya memang sakit namun sesudah berjam-jam rasa mulas akan hilang. Hal ini memang terjadi pada beberapa orang tertentu. Akan tetapi, hal tersebut mengakibatkan Anda kesulitan buang air besar untuk seterusnya.

Jika Anda tidak sanggup BAB selama berhari-hari, maka setiap makanan yang Anda konsumsi akan terus mendorong di dalam usus memaksa untuk segera keluar. Dan hal tersebut mengakibatkan feces Anda cair (diare), kentut yang berbau menyengat alasannya yakni berhari-hari tidak sanggup keluar, dan tentunya disertai rasa yang amat tidak nyaman di perut.

4. Dinding Anus Terluka
Setelah lebih dari 12 jam menahan BAB otomatis feces akan mengeras. Dan dikala BAB berikutnya tentu Anda akan berusaha mengeluarkannya dengan sekuat tenaga. Nah, akhir dari memaksakan kotoran mengeras untuk keluar, menciptakan kotoran tersebut melukai dinding anus.

5. Wasir
Saat Anda menahan BAB, secara tidak sadar Anda menciptakan tekanan pada otot usus besar. Dengan demikian, alasannya yakni tekanan yang tidak biasa tersebut akan mengakibatkan pembuluh darah Anda membengkak. Hal inilah yang akan menjadikan benjolan pada anus, atau yang terkenal denggan sebutan wasir/ambeien.

Oleh karenanya, sebelum hal ini terjadi, perbanyak mengkonsumsi asupan serat, dan konsultasikan ke dokter untuk mencegah penyakit yang berkelanjutan.

Jika Anda mengalami keluhan-keluhan menyerupai diatas, langkah terbaik yang seharusnya di lakukan yakni dengan berkonsultasi ke dokter, dengan impian dokter sanggup melaksanakan tindakan yang sempurna sesuai dengan kondisi terkini dari Anda dan/atau jikalau tidak mau memeriksakan diri ke dokter, untuk membantu penyembuhan, di anjurkan banyak mengkonsumsi serat menyerupai sayur, buah sebelum makan (ingat, bukan sesudah makan). Karena mengkonsumsi buah sesudah makan malah akan mengakibatkan gangguan pencernaan.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close