Usbn Sd/Mi 2018 Tetap 3 Mata Pelajaran Yang Diujikan, Jadi Bukan 8 Mapel - Banned Masal
News Update
Loading...

Saturday, May 11, 2019

Usbn Sd/Mi 2018 Tetap 3 Mata Pelajaran Yang Diujikan, Jadi Bukan 8 Mapel

Jumlah Mata pelajaran yang Diujikan pada USBN  SD/MI 2018 Tetap 3 Mapel, Tidak 8 Mapel_Mulai tahun 2018 tahun pelajaran 2017/2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan kebijakan gres untuk ujian simpulan di jenjang sekolah dasar (SD) yakni untuk SD dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Kebijakan gres yang dimaksud yaitu mengubah Ujian Sekolah (US) SD/MI menjadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) bagi penerima didik kelas 6 SD/MI. Mata pelajaran yang diujikan pada USBN SD/MI masih sama dengan mapel yang diujikan pada US SD/MI pada tahun pelajaran 2016/2017 yakni hanya tiga (3) mata pelajaran yang meliputi:  Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Jumlah Mata pelajaran yang Diujikan pada USBN USBN SD/MI 2018 Tetap 3 Mata Pelajaran yang Diujikan, Makara Bukan 8 Mapel
Sebagaimana sudah maklum bahwa pada tahun 2017 ada 2 jenis ujian simpulan untuk kelas 6 SD/MI yaitu US/M dan Ujian Sekolah. Adapun mulai tahun 2018 ini bermetamorfosis USBN untuk 3 mapel (Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA) dan Ujian Sekolah untuk 5 mata pelajaran (Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) atau Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Seni Budaya dan Keterampilan (SBK), serta Penjaskes dan Olahraga.

Dengan perubahan format ujian dari US/M menjadi USBN, maka berubah pula rujukan pembuatan naskah soal ujian. Sebelumnya, pada US/M, sebanyak 25 persen soal disiapkan oleh Pusat sebagai soal jangkar atau anchor, dan 75 persen soal disiapkan oleh guru dan dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan Kantor Wilayah Kementerian Agama.

Sekarang, pada USBN 2018, sebesar 20 persen sampai 25 persen soal disiapkan oleh Pusat sebagai soal jangkar (anchor), dan 75 persen sampai 80 persen disiapkan oleh guru yang tergabung dalam kelompok kerja guru (KKG). Sedangkan yang untuk ujian sekolah atau US, 100 persen soal disiapkan sekolah menurut kisi-kisi nasional yang disiapkan oleh pusat.

Soal untuk USBN SD/MI 2018 juga akan menyertakan esai sebanyak 10 persen dari total soal. Hal ini berbeda dengan US/M yang berlaku pada tahun sebelumnya, di mana semua soal berbentuk pilihan ganda.

Kemudian untuk lima mata pelajaran pada Ujian Sekolah, soal-soal akan dibentuk oleh guru masing-masing sekolah. Meksipun begitu, Kemendikbud akan mendorong guru-guru untuk menciptakan soal Ujian Sekolah dengan kombinasi antara pilihan ganda dan esai alasannya yaitu esai sangat cantik untuk kompetensi generasi kala 21.

Secara teknis, untuk SD/MI yang sudah dapat menerapkan ujian berbasis komputer, soal-soal berbentuk pilihan ganda akan dikerjakan dengan memakai komputer, baik untuk USBN maupun Ujian Sekolah. Kemudian soal esai akan dikerjakan siswa pada kertas esai (secara manual).

Baca juga: Persamaan dan Perbedaan US SD/MI 2017 dengan USBN SD/MI 2018

Sumber: Website Resmi Kemendikbud
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close