Proses Terjadinya Negara Di Zaman Modern - Banned Masal
News Update
Loading...

Tuesday, May 14, 2019

Proses Terjadinya Negara Di Zaman Modern

PROSES TERJADINYA NEGARA DI ZAMAN MODERN

    berdasarkan pandangan ini dalam kenyataannya, terjadinya negara bukan di sebabkan oleh teori-teori Hukum Alam, Ketuhanan, maupun Perjanjian. Negara-negara di dunia ini terbentuk lantaran melalui beberapa proses , ibarat :

1. Penaklukan 
    Penaklukkan, yaitu suatu tempat yang tak bertuan kemudian diambil alih dan di dirikan negara diwilayah itu. Misal, Liberia yaitu tempat kosong yang di jadikan negara oleh para budak Negro yang telah di merdekakan oleh Amerika. Liberia di merdekakan pada tahun 1847.

2. Peleburan
    Peleburan yaitu suatu penggabungan dua atau lebih negara menjadi negara baru. Misal, Jerman Barat dan Jerman Timur bergabung menjadi negara Jerman.

3. Pemecahan
    Pemecahan yaitu terbentuknya negara-negara gres akhir terpecahnya negara usang sehingga negara sebelumnya menjadi tidak ada. Contohnya Yugoslavia terpecah menjadi negara Serbia, Bosnia, Montenegro. Atau Uni Soviet terpecah menjadi banyak negara baru. Kemudian Cekoslovakia terpecah menjadi Ceko dan Slovakia.

4. Pemisahan Diri
    Pemisahan diri yaitu memisahnya suatu potongan wilayah negara kemudian terbentuk negara baru. Pemisahan berbeda dengan pemecahan di mana negara usang masih ada. Misal, India kemudian terpecah menjadi India, Pakistan, dan Bangladesh.

5. Perjuangan atau Revolusi
    Perjuangan merupakan hasil dari rakyat suatu wilayah yang pada umumnya dijajah negara lain kemudian memerdekakan diri. Misalnya Indonesia yang melaksanakan usaha revolusi sehingga bisa membentuk negara merdeka. Kebanyakan kemerdekaan yang diperoleh negara Asia Afrika sesudah perang dunia ke II yaitu hasil usaha rakyatnya.

6. Penyerahan atau Pemberian
    Penyerahan atau pertolongan yaitu pertolongan kemerdekaan kepada suatu koloni oleh negara lain yang umumnya yaitu bekas jajahannya. Inggris dan Prancis yang mempunyai wilayah jajahan di Afrika, banyak memeberikan kemerdekaan kepada bangsa di tempat tersebut. Contohnya, Kongo dimerkekakan oleh Prancis.

7. Pendudukan atas Wilayah yang belum ada pemerintahan sebelumnya
    Pendudukan terjadi terhadap wilayah yang ada penduduknya, tetapi tidak berpemrintahan. Misalnya Australia merupakan tempat gres yang ditemukan Inggris meskipun di sana terdapat suku Aborigin. Daerah Australia selanjutnya dibentuk koloni-koloni dimana penduduknya didatangkan dari daratan Eropa. Australia di merdekakan pada 1801.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close