Kesenjangan Sosial - Banned Masal
News Update
Loading...

Sunday, May 19, 2019

Kesenjangan Sosial

KESENJANGAN SOSIAL

Kesenjangan sosial yakni suatu keadaan ketidakseimbangan sosial yang ada dalam masyarakat yang menjadikan suatu perbedaan yang sangat mencolok. Fenomena ini terjadi di hampir semua Negara di dunia termasuk Indonesia. Kesenjangan sosial di Indonesia sangatlah terlihat, antara si kaya dan si miskin, maupun antara pejabat dan rakyat. Adapun yang menjadi faktor yang mengakibatkan terjadinya kesenjangan sosial ini di antaranya yakni kemisikinan dan kurangnya lapangan pekerjan.


Kemiskinanadalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar menyerupai masakan , pakaian , kawasan berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan merupakan penyebab utama terjadinya kesenjangan sosial di masyarakat. Banyak orang menganggap bahwa kemiskinan yakni suatu suratan takdir atau mereka mereka miskin lantaran malas, tidak kreatif, dan tidak punya etos kerja. Kemiskinan telah memperlihatkan dampak yang luas terhadap kehidupan, bukan hanya kehidupan eksklusif mereka yang miskin, tetapi juga bagi orang-orang yang tidak tergolong miskin. Kemiskinan bukan hanya menjadi beban pribadi, tetapi juga menjadi beban dan tanggungjawab masyarakat, negara dan dunia untuk menanggulanginya.


Meningkatnya jumlah penduduk yang tidak dibarengi dengan tersedianya lapangan kerja yang memadai, menjadikan jumlah pengangguran semakin banyak. Hal ini disebabkan lantaran kurangnya lapangan pekerjaan. Lapangan pekerjaan mempunyai efek yang sangat besar dalam perekonomian masyarakat, sedangkan perekonomian menjadi faktor terjadinya kesenjangan sosial. Salah satu karakteristik tenaga kerja di Indonesia yakni laju pertumbuhan tenaga kerja lebih tinggi ketimbang laju pertumbuhan lapangan kerja. Berbeda dengan negara-negara di Eropa dan Amerika, dimana lapangan pekerjaan masih berlebih. Faktor-faktor penyebab pengangguran di Indonesia:

a. Kurangnya sumber daya insan pencipta lapangan kerja

b. Kelebihan penduduk/pencari kerja

c. Kurangnya jalinan komunikasi antara si pencari kerja dengan pengusaha

d. Kurangnya pendidikan untuk pewirausaha


Kesenjangan sosial akan semakin memprihatinkan jikalau tidak ditangani dengan segera.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close