Hubungan Antropologi Dan Ilmu Lainnya - Banned Masal
News Update
Loading...

Sunday, May 12, 2019

Hubungan Antropologi Dan Ilmu Lainnya

HUBUNGAN ANTROPOLOGI DAN ILMU LAINNYA

1. Antropologi dan Ilmu Geologi
   Bantauan ilmu geologi yang mempelajari ciri-ciri lapisan bumi serta perubahannya, terutama diharapkan oleh sub ilmu paleoantropologi untuk menetapkan umur relatif dari fosil-fosil makhluk primat dan fosil-fosil insan dari zaman dahulu, serta artefak-artefak dan bekas-bekas kebudayaan yang digali dalam lapisan bumi. Hal ini mungkin dengan terutama menganalisa dengan metode-metode geologi, umur dari lapisan-lapisan bumi tempat artefak-artefak tadi terkandung.

2. Antropologi dan Ilmu Anatomi
   Seorang sarjana antropologi-fisik, baik yang mengkhusus kepada paleo-antropologi maupun yang meneliti ciri-ciri ras di dunia, sangat perlu akan ilmu anatomi sebab ciri-ciri dari aneka macam kerangka insan menjadi objek penelitian yang terpenting dari spesialis antropologi-fisik untuk menerima pengertian perihal soal asal mula penyebaran insan serta kekerabatan ras-ras di dunia.

3. Antropologi dan Ilmu Kesehatan
   Yaitu data mengenai konsepsi dan perilaku penduduk desa perihal kesehatan, perihal salit, terhadap dukun, terhadap obat-obatan tradisional, terhadap kebiasaan dan pantangan masakan dan sebagainya, ilmu antropologi juga sanggup memperlihatkan kepada para dokter kesehatan masyarakat yang akan bekerja dan hidup di aneka macam tempat dengan aneka warna kebudayaan, metode-metode dan cara untuk segera mengerti dan mengikuti keadaan dengan kebudayaan dan adat-istiadat lain.

4. Antropologi dan Psikiatri
   Hubungan ini merupakan ekspansi dari kekerabatan antara ilmu antropologi dan ilmu psikologi, yang lalu menerima fungsi yang praktis.

5. Antropologi dan Sejarah
   Antropologi memperlihatkan materi prehistori sebagai pangkal bagi tiap penulis sejarah dari tiap bangsa di dunia. Selain itu, banyak duduk kasus dari historiografi dari sejarah sesuatu bangsa sanggup dipecahkan dengan metode-metode antropologi. Konsep-konsep perihal kehidupan masyarakat yang dikembangkan oleh antropologi dan ilmu sosial lainnya, akan memberi pengertian banyak kepada spesialis sejarah untuk  mengisi latar belakang dari kejadian politik dalam sejarah yang menjadi objek penelitiannya.

6. Antropologi dan Geografi
   Geografi atau ilmu bumi mencoba mencari pengertian perihal alam dunia ini dengan memberi pelukisan perihal bumi serta ciri-ciri dari segala macam bentuk makhluk hidup yang menempati bumi. Di antara beraneka warna macam bentuk makhluk hidup di bumi ada insan yang mempunyai beraneka warna sifatnya di aneka macam tempat di muka bumi tersebut. Karena antropologi yaitu salah satunya ilmu yang bisa menyelami duduk kasus aneka warna sifat insan itu, maka sudah tentu ilmu geografi tidak sanggup mengabaikan ilmu antropologi.

7. Antropologi dan Ilmu Ekonomi
    Seorang hebat ekonomi yang hendak membangun ekonomi di suatu negara tentu akan memerlukan materi komparatif mengenai contohnya kegiatan masyarakat di negara itu. Dalam hal mengumpulkan keterangan perihal kegiatan masyarakat ilmu antropologilah yang sangat bermanfaat. 
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close