Buku Pedoman Evaluasi Pembelajaran Paud Kurikulum 2013 - Banned Masal
News Update
Loading...

Friday, May 10, 2019

Buku Pedoman Evaluasi Pembelajaran Paud Kurikulum 2013

Download Buku Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini  Buku Pedoman Penilaian Pembelajaran PAUD Kurikulum 2013

Download Buku Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berdasarkan Kurikulum 2013



Penilaian merupakan proses pengukuran terhadap hasil dari kegiatan berguru anak. Penilaian kegiatan berguru di PAUD memakai pendekatan evaluasi autentik. Penilaian autentik merupakan evaluasi proses dan hasil berguru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan, dan keterampilan menurut fakta yang sesungguhnya. Penilaian dilakukan secara sistematis, terukur, berkelanjutan, dan menyeluruh yang meliputi pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak selama kurun waktu tertentu.

Dalam keseharian guru bekerja bersama anak. Selain guru memfasilitasi anak, guru juga melaksanakan pengamatan. Guru mengamati hal-hal apa saja yang anak tahu, apa saja yang anak bisa, dan apa saja yang menjadi kebiasaan anak. Harapannya, bahwa sehabis guru mengetahui tiga hal tersebut, guru sanggup merancang jadwal pengembangan pembelajaran sesuai dengan minat, kekuatan, dan kebutuhan anak. Program pengembangan pembelajaran yang disusun dan direncanakan sesuai dengan prinsip-prinsip perkembangan anak akan menstimulasi potensi anak menjadi anak yang kompeten. Anak yang semakin tahu, semakin bisa, dan semakin mempunyai kebiasaan yang baik.

Berbagai informasi wacana kemajuan anak ini merupakan hasil berguru yang perlu disampaikan pada orang tua. Dengan diperolehnya banyak sekali informasi wacana anak, orang bau tanah dan guru memperoleh citra capaian hasil berguru anak. Capaian ini diukur menurut standar PAUD yang telah ditetapkan secara nasional, yang tertulis di dalam Permendikbud No. 137 tahun 2014 wacana Standar PAUD dan 146 tahun 2014 wacana Kurikulum PAUD.

Harapannya, guru dan orang bau tanah sanggup bekerja sama dalam meningkatkan kemampuan-kemampuan yang belum dicapai anak sehingga tumbuh kembang anak berlangsung secara optimal.

Berikut ialah tautan Download Buku Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berdasarkan Kurikulum 2013:



Berikut ialah kutipan dari Buku Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berdasarkan Kurikulum 2013 tersebut:

Apa yang Dinilai?

Lingkup evaluasi meliputi pertumbuhan dan perkembangan anak. Lingkup evaluasi pertumbuhan meliputi ukuran fisik yang diukur dengan satuan panjang dan berat, contohnya berat tubuh, tinggi badan/panjang badan, dan lingkar kepala. Sementara itu, evaluasi perkembangan meliputi banyak sekali informasi yang bekerjasama dengan bertambahnya fungsi psikis anak, yaitu nilai moral dan agama, perkembangan fisik motorik (gerakanmotorik agresif dan halus, serta kesehatan fisik), sosial emosional, komunikasi (berbicara dan bahasa), kognitif (pengetahuan), dan seni (kreativitas).

Enam jadwal pengembangan yang menjadi area evaluasi mengarah pada tercapainya kompetensi inti yang menjadi standar tingkat pencapaian perkembangan anak. Silahkan pembaca mengingat kembali empat potensi inti yang menjadi pembagian terstruktur mengenai dari kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan.

Kapan Melakukan Penilaian Terhadap Anak?

Penilaian pada anak dilakukan pada ketika anak melaksanakan kegiatan. Penilaian sanggup dilakukan dalam banyak sekali kegiatan anak, semenjak anak datang, berbaris, engikuti proses belajar, mencuci tangan, makan bekal, bermain bebas, hingga pulang kembali. Penilaian itu dilakukan secara alami, baik menurut kondisi faktual yang muncul dari sikap anak selama proses berkegiatan maupun hasil dari kegiatan tersebut. Itulah yang disebut evaluasi autentik.

Siapa yang melaksanakan evaluasi terhadap anak?

Penilaian dilakukan oleh guru alasannya ialah guru mempunyai fungsi sebagai penilai (assessor) selain juga berfungsi sebagai fasilitator dan fungsi- fungsi lainnya.Guru di sini bukan hanya satu guru, tetapi sanggup melibatkan guru lain yang biasa bersama anak dalam keseharian anak belajar. Guru juga sanggup menggali informasi kepada orang bau tanah biar sanggup mengenali sikap anak selama berada di rumah. Informasi ini penting dalam menambah pengetahuan guru wacana siapa anak itu, dan sanggup menunjukkan informasi yang berharga dalam memaknai perkembangan dan berguru anak. Tidak kalah pentingnya guru melibatkan anak dalam menilai dirinya sendiri. Percakapan guru dengan anak sanggup menggali wacana pemahaman anak terhadap dirinya sendiri.

Bagaimana melaksanakan proses penilaian?

Perhatikan prinsip-prinsip dalam melaksanakan penilaian.

1. Mendidik Proses dan hasil evaluasi sanggup dijadikan dasar untuk memotivasi, mengembangkan, dan membina anak biar tumbuh dan berkembang secara optimal.

2. Berkesinambungan
Penilaian dilakukan secara terencana, bertahap, dan terus-menerus untuk

3. Objektif
Penilaian didasarkan pada mekanisme dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai sehingga menggambarkan data atau informasi yang sesungguhnya.

4. Akuntabel
Penilaian dilaksanakan sesuai dengan mekanisme dan kriteria yang terang serta sanggup dipertanggungjawabkan.

5. Transparan
Penilaian dilaksanakan sesuai dengan mekanisme dan hasil evaluasi sanggup diakses oleh orang bau tanah dan semua pemangku kepentingan yang relevan.

6. Sistematis
Penilaian dilakukan secara teratur dan terprogram sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak dengan memakai banyak sekali instrumen.

7. Menyeluruh
Penilaian meliputi semua aspek pertumbuhan dan perkembangan anak baik sikap, pengetahuan maupun keterampilan. Penilaian mengakomodasi seluruh keragaman budaya, bahasa, sosial ekonomi, termasuk anak yang berkebutuhan khusus.

8. Bermakna
Hasil evaluasi menunjukkan informasi yang bermanfaat bagi anak, orang tua, guru, dan pihak lain yang relevan.

Demikian goresan pena wacana

Download Buku Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berdasarkan Kurikulum 2013

Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu!
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close