15 Pengertian Fisika Berdasarkan Para Ahli, Lengkap! - Banned Masal
News Update
Loading...

Wednesday, May 15, 2019

15 Pengertian Fisika Berdasarkan Para Ahli, Lengkap!

Pengertian Fisika

Fisika merupakan salah satu cabang dari IPA atau ilmu pengetahuan alam yang mempelajari perihal tanda-tanda alam dan semua interaksi yang menyertai fenomena tersebut. Tujuan dalam mempelajari fisika tersebut guna mendapat produk fisika yang mempunyai sifat yang khas serta untuk menjelaskan tanda-tanda alam yang terjadi tersebut. Produk fisika terdiri atas teori, konsep, dan hukum. Contoh konsep fisika, misalnya : suhu, gaya, kecepatan, massa jenis, energi, dan momentum.

Kata Fisika berasal dari suatu bahasa, yaitu bahasa Yunani yang artinya “Alam”. Ilmu fisika merupakan sebuah ilmu yang mempelajari mengenai sifat serta tanda-tanda yang terjadi pada benda-benda di alam. Berbagai tanda-tanda alam tersebut pada awalnya ialah apa yang dialami oleh indra kita, misalnya menyerupai penglihatan sanggup menemukan cahaya atau optika, indera pendengaran sanggup menemukan bunyi, serta peraba sanggup mencicipi panas.

 Fisika merupakan salah satu cabang dari IPA atau ilmu pengetahuan alam yang mempelajari t 15 Pengertian Fisika Menurut Para Ahli, Lengkap!
Suatu aturan akan selalu melibatkan banyak sekali konsep yang saling berhubungan. Misalnya : aturan Archimedes yaitu suatu aturan yang menyatakan sikap benda apabila berada dalam fluida, yang selalu melibatkan konsep-konsep gaya, volume, massa jenis, dan percepatan gravitasi. Sedangkan teladan dari teori ialah adanya teori kinetik gas yang membuktikan bahwa terdapat kaitan antara volume, suhu, serta energi kinetik dari partikel-partikel gas yang ada dalam ruangan tertutup.

Berdasarkan hukum, konsep, serta teori yang ada, ilmu fisika sanggup meramalkan adanya sebuah insiden serta membuat teknologi dari adanya ilmu fisika yang bermanfaat bagi kesejahteraan manusia. Misalnya apabila terjadi gerhana matahari total yang sanggup diramalkan, bahkan bukan hanya tanggalnya saja, namun hingga hingga hitungan detik. Selain itu, banyak inovasi dari teknologi fisika mulai dari dunia peralatan rumah tangga hingga teknologi penerbangan ruang angkasa yang merupakan hasil aktual dari pengembangan teori atau aturan fisika. Dalam mempelajari gelaja alam tersebut, fisika menggunakan proses yang terdiri dari : analisis, pengukuran, penarikan kesimpulan, serta pengamatan. Kesimpulan yang akan diambil tersebut harus dilandasi dengan sikap ilmiah.

Selain matematika dan biologi, ilmu fisika menjadi salah satu ilmu pengetahuan yang mendasar, alasannya fisika ada hubungannya dengan sikap serta struktur suatu benda, khususnya benda-benda mati. Menurut sejarah, fisika merupakan salah satu bidang ilmu tertua, alasannya dimulai dengan adanya banyak sekali pengamatan-pengamatan dari benda langit, menyerupai mengamati bagaimana lintasannya, periodenya, dan lain sebagainya.

Fisika sudah berkembang semenjak zaman Galileo serta Newton. Galileo sanggup merumuskan aturan perihal benda jatuh, sedangkan Newton mempelajari perihal gerak pada umumnya, termasuk diantaranya gerak planet-planet yang terdapat pada sistem tata surya.

Pada zaman modern, adanya ilmu fisika sangat mensugesti dalam mendukung perkembangan komunikasi, industri, teknologi, kimia, kedokteran, biologi, dan lain sebagainya. Adanya ilmu fisika sanggup menjawab dalam mengatasi banyak sekali pertanyaan perihal fenomena alam atau tanda-tanda alam yang menarik.

Bidang fisika secara garis besar terdiri atas 2 kelompok, antara lain fisika klasik serta fisika modern. Fisika klasik mempunyai sumber terhadap banyak sekali tanda-tanda yang ditangkap oleh indra kita. Fisika klasik mencakup antara lain : bunyi, mekanika, panas, listrik magnet, optika, serta gelombang yang menjadi perbatasan fisika klasik dengan fisika modern. Fisika modern sudah berkembang sejaki masa ke-20, semenjak adanya inovasi perihal radioaktivitas oleh keluarga Curie serta teori relativitas Einstein. Agar lebih lengkapnya lagi, berikut pengertian fisika berdasarkan para ahli.

Pengertian Fisika Menurut Para Ahli

 Fisika merupakan salah satu cabang dari IPA atau ilmu pengetahuan alam yang mempelajari t 15 Pengertian Fisika Menurut Para Ahli, Lengkap!
  1. Bambang Ruwanto
  2. Fisika ialah salah satu bab dari ilmu dasar atau sains serta merupakan ilmu yang fundamental.
  3. KBBI
  4. Menurut kamus besar bahasa Indonesia menyatakan bahwa fisika merupakan suatu ilmu mengenai zat serta energi menyerupai cahaya, panas, bunyi, dan lain sebagainya.
  5. Efrizon Umar
  6. Fisika merupakan salah satu ilmu yang didasarkan kepada banyak sekali besaran-besaran dalam ilmu fisika.
  7. Young, Hough D
  8. Fisika ialah ilmu yang sangat dasar dari ilmu-ilmu pengetahuan.
  9. Mikrajudin
  10. Menurut Mikrajudin beropini bahwa fisika merupakan cabang paling utama dalam ilmu sains, hal ini alasannya banyak sekali prinsipnya merupakan dasar atas setiap cabang sains yang lainnya.
  11. Ensiklopedia
  12. Fisika ialah ilmu yang di dalamnya mempelajari perihal benda beserta gerakannya dan juga keuntungannya bagi kehidupan manusia.
  13. Osa Pauliza
  14. Fisika ialah sesuatu yang sanggup diukur serta mempunyai nilai-nilai yang dinyatakan ke dalam bentuk satuan.
  15. Gerthsen
  16. Fisika sebagai teori yang mendeskripsikan perihal banyak sekali tanda-tanda alam hingga sesederhana mungkin serta berusaha dalam menemukan kekerabatan antara kenyataannya. Permasalahan dasar guna memecahkan persoalannya ialah dengan cara mengamati tanda-tanda tersebut.
  17. Brockhaus
  18. Fisika merupakan pelajaran perihal insiden alam yang sanggup memungkinkan untuk percobaan, penelitian, pengukuran apa yang didapat, berdasarkan peraturan-peraturan umum, serta penyajian secara sistematis.
  19. Dahmen
  20. Fisika sebagai uraian tertutup mengenai banyak sekali insiden fisis yang didasarkan pada hukum-hukum dasar.
  21. Weizacher
  22. Fisika sebagai teori peramaian banyak sekali alternatif yang secara empiris dengan percobaan yang sanggup dibedakan.
  23. Deruxes
  24. Fisika sebagai suatu ilmu pengetahuan yang berusaha untuk menguraikan dan menjelaskan aturan alam serta banyak sekali insiden alam dengan suatu citra berdasarkan pemikiran insan itu sendiri.
  25. Kusuma
  26. Fisika merupakan sebuah ilmu yang mempelajari mengenai banyak sekali tanda-tanda alam yang terjadi pada energi atau bahan yang menempati ruang serta mempunyai massa. Fisika merupakan salah satu cabang IPA yang mempelajari perihal tanda-tanda alam keseluruhan.
  27. E.Budikase dan Nyoman
  28. Fisika merupakan ilmu yang banyak memerlukan pemahaman dibandingkan penghafalan.
  29. Drs. Supiyanto, M. Si.
  30. Ilmu Fisika merupakan ilmu mendasar yang menjadi suatu tulang punggung perkembangan ilmu pengetahuan.


Itulah 15 pengertian fisika berdasarkan para ahli. Alangkah baiknya untuk mengetahui pengertian fisika terlebih dahulu, sebelum mempelajari fisika yang lebih dalam lagi.
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close