Trik Internet Explorer Memungkinkan Hacker Mencuri Data, Meskipun Kamu Menggunakan Chrome atau Firefox - Banned Masal
News Update
Loading...

Sunday, April 14, 2019

Trik Internet Explorer Memungkinkan Hacker Mencuri Data, Meskipun Kamu Menggunakan Chrome atau Firefox

Minggu ini nampaknya jelek bagi mereka yang bertanggungjawab atas keamanan  Trik Internet Explorer Memungkinkan Hacker Mencuri Data, Meskipun Kamu Menggunakan Chrome atau Firefox

Minggu ini nampaknya jelek bagi mereka yang bertanggungjawab atas keamanan cyber pada produk-produk Microsoft. Selain web Outlook yang ternyata disusupi oleh hacker yang berhasil login ke sejumlah akun, ditemukan juga adanya kerentanan Internet Explorer yang menyebabkan hacker dapat mengompromikan data, bahkan meskipun kau tidak memakai Internet Explorer sama sekali, alias memakai Chrome, Firefox, atau Opera.

Peneliti keamanan John Page ialah penemu cacat keamanan ini. Dia menemukan bahwa pengguna yang mempunyai Internet Explorer terinstal di perangkatnya rentan untuk terkena exploit, bahkan meskipun mereka tidak memakai browser tersebut sama sekali.

Page telah menghubungi Microsoft bulan kemudian dan memperingatkan Redmond. Dia juga meminta perbaikan keamanan secepatnya terhadap Internet Explorer. Sayangnya, respons Microsoft pada ketika itu adalah: “sebuah perbaikan terhadap persoalan ini akan dipertimbangkan dalam versi mendatang produk atau layanan ini.” Sebuah balasan standar yang tentu saja mengesalkan Page yang berniat baik.

Maka Page kemudian mengumumkan ini kepada publik melalui sebuah video di YouTube yang mengatakan bagaimana kau sanggup melakukan exploit tersebut.

Trik ini terkait dengan kemampuan Internet Explorer menyimpan halaman web dalam format .MHT. Ini seharusnya tidak diizinkan lagi dalam denah browser modern. Hacker bisa mengirimkan file .MHT palsu lewat email dan menyertakan sebuah exploit yang memungkinkan hacker nantinya mengakses file lokal dan informasi pengguna.

Menurut Page, trik ini berhasil diuji di Internet Explorer 11 (versi terbaru) di Windows 7, Windows 10, dan Windows Server 2012 R2. Microsoft harus cepat-cepat menambal celah keamanan ini kalau ingin mengembalikan kepercayaan para penggunanya yang nampaknya semakin menurun ahad ini.

 

Sumber: Techradar


Sumber: https://winpoin.com/
Comments


EmoticonEmoticon

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close